Breaking News

Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022 Di Denpasar
Dimeriahkan Gempita Expresi Disabilitas

OKEBALI.COM Denpasar Bali

Denpasar- Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2022 berlangsung meriah di Kota Denpaar, Sabtu (3/12) bertempat di ruang Taksu Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang Denpasar.
Dalam gelaran acara dimeriahkan dengan kreativitas para penyandang Disabilitas dari Tuna Daksa, Tuna Netra, Autis, Down Syndrome, hingga Disabilitas Tuli di Kota Denpasar. Hadir menyaksikan aksi panggung Disabilitas Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua Komisi IV DPRD Denpasar Wayan Duaja. Hadir pula Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara beserta Wakil Ketua Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Kadis Sosial Denpasar, I Gusti Ayu Laksmi Saraswati, sekolah SLB dan berbagai yayasan penyandang disabilitas di Kota Denpasar.

banner 325x300

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa disela-sela acara menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada para disabilitas di Kota Denpasar. “Keterbatasan bukan halangan untuk berkreatifitas, hal ini tentu dapat terus kita dukung bersama memberikan semangat serta ruang kreatifitas kepada penyandang disabilitas,” ujar Agus Arya Wibawa.
Lebih lanjut disampaikan program penyandang disabilitas di Kota Denpasar tidak terlepas dari sinergitas bersama para donatur maupun BUMN, Perbankan dan Perusahaan Swasta melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR). Pemkot Denpasar tidak bisa bekerja sendiri dalam memberikan dukungan kepada disabilitas, dibutuhkan kerja bersama. Hal ini sesuai Visi-misi yang kami bangun serta program prioritas yang kami rencanakan, digerakkan oleh Weda Wakya Vasudaiva Khutumbakam yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara, atau menyama braya. Semua sektor kehidupan harus diselesaikan dengan paras paros sarpanaya, salunglung sabayantaka. Semua persoalan yang kita hadapi, mari kita selesaikan bersama-sama dalam semangat Menyama Braya.
“Selamat hari Disabilitas Internasional, semoga dengan semangat peringatan mampu memberikan kita bersama inspirasi dalam mewujudkan pembangunan di Kota Denpasar,” kata Arya Wibawa.
Ketua K3S Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan peringatan HDI untuk bersama-sama memberikan semangat dalam meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi disabilitas. Disamping itu pula disampaikan dalam peringatan HDI memberikan kesempatan disabilitas untuk menampilkan kreatifitas mereka. Seperti menari, bermain musik, bernyanyi, hingga Fashion Show. Diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan pemenuhan perlindungan bagi penyandang disabilitas. Sehingga mampu mendukung terciptanya solidaritas dalam meletakkan dasar perlindungan dan pemenuhan hak disabilitas secara inklusif dan berkesinambungan. “Tentunya harapan kami secara berkelenjutan semua pihak dalam memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi penyandang disabilitas untuk terus mengasah kreatifitas, inovatif dan berbahagia,” ujarnya.

Sementara Kadis Sosial, I Gusti Ayu Laksmi Saraswati menyampaikan peringatan HDI tahun 2022 berlangsung sederhana dengan berbagai agenda acara yang melibatkan disabilitas. Tema peringataan HDI tahun ini di Kota Denpasar bertajuk “Gempita Ekspresi Disabilitas”, di mana Peringatan HDI 2022 ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama tanpa diskriminasi bagi mereka penyandang disabilitas di tengah masyarakat. Dalam menyambut HDI di Kota Denpasar, Dinsos Kota Denpasar telah melakukan kegiatan-kegiatan untuk mendukung disabilitas agar lebih produktif, mandiri dan bahagia. Yakni Pelatihan literasi “Happy Journaling” bagi komunitas bipolar (mental disorder), Parenting Group menguatkan bagi orang tua anak berkebutuhan khusus. Disamping itu juga menyiapkan tempat khusus bagi disabilitas yakni Graha Nawasena (EX Rumah Pintar), dimana tempat ini memberikan ruang penuh kepada disabilitas Kota Denpasar berwirausaha serta memarken hasil usahanya baik kuliner, art dan kriya. Graha Nawasena atau Rumah Harapan berarti bersama sama dengan gotong royong saling menaungi memberikan harapan untuk lebih kuat, mandiri dan inovasi Disabilitas dapat berlatih kewirausahaan serta melakukan promosi produk. Video greeting dari perwakilan sister city, kedutaan besar, artis tegar, komisi nasional disabilitas RI, FK LKS, Gerkatin, Pertuni serta disabilitas lainnya. Disamping itu Perayaan Hari Disabilitas International di ruang Taksu DNA ini adalah inklusi kolaborasi dengan seluruh pihak yaitu yayasan yang bernaung di FK LKS diisi kreatifitas seni dan musik. penyandang disabilitas Gempita Expresi Disabilitas karya RAH TUT XXX, serta Pameran produk Disabilitas di Graha Nawasena.
Kreatifitas disabilitas dalam kemeriahan acara HDI tahun 2022 Kota Denpasar yakni dari SLB Negeri 2 Denpasar, Yayasan Susrusa, Pusat Layanan Disabilitas, Rumah Berdaya, Yayasna Driaraba, dan Yayasan Sayangi Bali.

(Ukie/Tika)

Bagikan Artikel