Breaking News
DAERAH  

Ikappi Bali berharap harga komoditas dipasar dapat dikendalikan dengan baik karena menjadi atensi pemerintah.

OKEBALI.COM

Denpasar 23/s02/2023 Dewan Pimpinan Daerah Bali Ikatan Pedagang Pasar Indonesia mencatat di beberapa pekan terakhir menimbulkan banyak kegaduhan emak-emak di masyarakat atas kenaikan harga bahan pokok di pasar tradisional.

banner 325x300

Beberapa komoditas yang cukup tinggi antara lain cabai rawit merah saat ini sekitar 60 000 per kilo, cabai merah TW sekitar 65 000 per kilo, bawang merah masih di sekitaran 45 000 per kilo, bawang putih 38 000 per kilo, minyak kita juga masih di angka 15 000 per liter, daging, telur, ayam, gula pasir, garam. Itu juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi di beberapa pekan terakhir. Ungkap

Ada beberapa catatan penting dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia adalah pertama permintaan belum naik menjelang ramadhan, permintaan menjelang ramadhan biasanya terjadi di 15 hari menjelang ramadhan dimulai. Tetapi ini masih jauh beberapa bahan pokok sudah mulai cukup tinggi harganya. 

Catatan kedua adalah ini sebagai bukti bahwa tim ekonomi atau tim pangan yang dipersiapkan oleh bapak Presiden didaerah Bali masih belum mampu menjalankan tugasnya dengan baik, antara lain kementrian perdagangan, kementrian pertanian, badan pangan nasional serta beberapa lembaga lain seperti bulog, id food dsb. 

Tim yang di berikan perintah oleh bapak presiden untuk lebih serius menjaga stabilitas pangan disaat krisis global terjadi atau krisis pangan terjadi ini sesungguhnya challange untuk tim ekonomi agar bisa menyelesaikan persoalan pangan ini sesegera mungkin, kita tahu bahwa beberapa saat yang lalu kita di hadapkan dengan beberapa persoalan kegaduhan minyak kita yang menimbulkan inflasi, berikutnya kegaduhan beras yang juga menimbulkan inflasi. Sekarang kita harus berhadapan dengan beberapa komoditas yang tercatat cukup tinggi kenaikannya. 

Yang ketiga Kami meminta kepada pemerintah khususya Daerah Bali sesuai arahan Presiden Jokowi untuk lebih serius menyiapkan strategi dan eksekusi di lapangan sehingga persoalan pangan ini bisa diatasi, hal yang paling penting di lakukan adalah memperkuat pendataan, BPS bersama dengan pihak yang diberikan kewenangan untuk dapat melakukan pendataan berapa produksi kita ? dan berapa asumsi permintaan kita ?

Yang ke empat desain pangan, desain pangan yang secara disiplin dan terus menerus dilakukan dengan baik, didampingi dengan baik, petaninya di advokasi, serapannya juga di pikirkan termasuk distribusinya di perbaiki. Beberapa hal tersebut dapat menjaga agar harga pangan di ramadhan nanti tidak melambung tinggi. Demikian beberapa catatan penting yang disampaikan oleh Ketua Ikappi Bali Sudadi Murtadho ketua Ikappi Bali Sudadi Murtadho kepada pewarta (UN)

Bagikan Artikel