Breaking News

Hasil Survei membuktikan Duet Prabowo-Ganjar Melonjak Unggul di Pilpres Mendatang

OKEBALI.COM Jakarta 6 Desember 2022.

Semakin mendekatnya waktu menuju Pemilihan Presiden atau Pilpres yang akan diselenggarakan pada 2024 mendatang, kini banyak survei yang sudah dilakukan untuk mengetahui berapa besar dukungan masyarakat terhadap Capres dan Cawapres yang diusulkan masyarakat serta dapat dipercayakan sebagai figur pemimpin untuk menggantikan Bapak Jokowi.

banner 325x300

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh tim Survei Lembaga Merdeka Institute for Public Opinion Survey (MIPOS) membuktikan bahwa mayoritas publik setuju mendukung Prabowo Subianto untuk disandingkan dengan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang.

Dari hasil survei itu, diketahui bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berpasangan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendapat banyak dukungan dari para responden yang hadir.

Dikutip dari media kompas, bahwa hal tersebut berdasarkan hasil riset terbaru MIPOS tentang kecenderungan perilaku memilih (voting behavior) jelang Pemilu Presiden 2024 mendatang

Kata Peneliti Senior MIPOS Edwin A Sarif mengatakan pasangan duet tersebut dapat menjadi solusi untuk mengurangi ketegangan pada Pilpres 2024.

Dari pemaparan hasil survei yang dilakukan oleh MIPOS pada Jumat (2/12/2022) kemarin, bahwa “Ketika kepada responden ditanyakan apakah setuju atau kurang setuju jika Prabowo berpasangan dengan Ganjar pada Pilpres 2024 nanti, sebanyak 65,8% menyatakan setuju”.

Hanya 30,2% yang menjawab kurang setuju dan 4% responden tidak memberikan jawaban atau tidak tahu,” lanjutnya.

Dari survei itu, MIPOS juga mencoba membuat simulasi head to head Prabowo-Ganjar versus Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dimana hasil surveinya adalah, sebanyak 47,9% responden menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Ganjar.

Dus, hasil survei membuktikan duet Prabowo-Ganjar akan lebih unggul di Pilpres mendatang

Hanya 30,5% responden yang akan memilih pasangan Anies-AHY dan sisanya (21,6%) mengaku masih bingung atau belum bisa mengambil keputusan.

Lebih lanjut, Edwin selaku peneliti MIPOS juga mengungkapkan bahwa kandidat Prabowo dan Ganjar merupakan dua sosok yang sering mendapatkan promosi atau endorsement dari Presiden Jokowi untuk maju dalam Pilpres 2024.

“Jika kedua tokoh pilihan Jokowi itu berpasangan maka hampir pasti mayoritas mutlak pendukung Jokowi pada Pilpres 2024 akan memilih pasangan tersebut,” ungkapnya.

Hasil survei MIPOS kali ini juga mendeskripsi, jika Pilpres 2024 hanya diikuti dua pasangan (Prabowo-Ganjar dan Anies-AHY) maka mayoritas (74,3%) pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 akan memilih Prabowo-Ganjar.

Kemudian, sebanyak 13,2% akan memilih pasangan Anies-AHY dan sisanya (12,5%) masih bingung alias belum punya pilihan (undecided). Survei MIPOS dilakukan pada 1 – 12 November 2022 di 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah. Total sampel sebesar 1.200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling).

Batas kesalahan (margin of error) +/- 2,83% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih serta dengan merujuk kepada pedoman kuesioner.

(Ukie/Made)

Bagikan Artikel