Breaking News

Apa itu Akupuntur dan Manfaat Akupuntur Untuk Kesehatan Tubuh

Denpasar OKEBALI COM
Akupuntur sudah dikenal lama sebagai pengobatan – pengobatan alternatif untuk banyak masalah dalam tubuh. Teknik pengobatan ini akan menusukkan jarum yang sangat kecil ke sejumlah bagian tubuh. Manfaat akupuntur untuk kesehatan pun sangat beragam dan diklaim sebagai salah satu teknik pengobatan yang ampuh.

Pengobatan akupuntur biasanya dipakai untuk meredakan rasa sakit pada bagian tubuh dan persendian. Di samping itu, pengobatan ini diklaim mampu meredakan stres. Biarpun banyak manfaatnya, melakukan akupuntur harus dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman.

banner 325x300

Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan
Biarpun akupuntur menggunakan jarum, banyak pendapat yang mengatakan bahwa pengobatan alternatif ini tidak menimbulkan rasa sakit. Akupuntur akan menyeimbangkan energi yang ada di dalam tubuh sehingga bisa bekerja dengan baik.

Berikut manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh dengan akupuntur.

1. Meredakan gejala sakit kepala
Banyak orang memanfaatkan akupuntur untuk mengurangi rasa sakit di bagian kepala. Sakit kepala biasanya muncul akibat adanya ketegangan di bagian kepala atau peredaran darah yang mengarah ke kepala. Akupuntur juga bisa membantu tubuh melepaskan hormon endorfin untuk menurunkan rasa sakit, mulai dari migrain hingga sakit kepala yang berat.

2. Mengurangi nyeri di bagian punggung
Salah satu bagian yang paling umum ditusukkan jarum akupuntur adalah bagian tubuh belakang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan pada leher, punggung, hingga bagian pinggang belakang. Dengan menjalani terapi rutin, rasa nyeri punggung bisa berkurang sehingga mampu menjalani aktivitas dengan nyaman.

3. Mengatasi nyeri dan radang sendi
Bukan hanya nyeri pada otot, manfaat akupuntur juga bisa membantu meredakan nyeri sendi. Akupuntur bisa dipakai untuk terapi penyembuhan cedera pada lutut. Penderitanya perlu melakukan akupuntur secara berulang untuk menurunkan gejala nyerinya. Bantuan fisioterapi akan membantu pengobatan radang sendi yang parah untuk bisa sembuh.

4. Membantu melancarkan pencernaan
Manfaat akupuntur yang lain adalah membantu menjaga berat badan ideal. Akupuntur juga bisa melancarkan pencernaan sehingga tubuh tidak banyak menyimpan sisa makanan. Bukan hanya itu, ada juga titik akupuntur yang bisa membantu menekan nafsu makan. Jadi, Anda tidak akan makan berlebihan setiap hari.

Foto: Akupunturis berpengalaman mengetahui dengan tepat titik titik dimana bagian sakit yang harus diterapi

5. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah yang tidak normal juga akan membahayakan organ tubuh Anda. Melakukan terapi akupuntur dapat membantu melebarkan aliran darah. Hal ini pun dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Dengan begitu, risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya pun akan makin rendah.

6. Menjaga kesehatan pascakehamilan
Ada banyak yang berubah setelah menjalani proses kehamilan dan persalinan. Pengobatan akupuntur diklaim dapat membantu proses penyembuhan pascamelahirkan. Terapi ini akan meringankan ketegangan pada tubuh dan membuat para ibu bisa lebih cepat pulih.

7. Membuat tubuh lebih rileks
Tidak sedikit mereka yang melakukan terapi akupuntur untuk meredakan stres. Terapi ini diyakini mampu membuat tubuh lebih rileks dan santai. Tentu saja ini cocok untuk Anda yang selalu dipenuhi dengan kesibukan sehari-hari. Dikabarkan juga bahwa akupuntur juga bisa membantu Anda tidur lebih baik pada malam hari.

Terapi akupuntur tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Anda perlu mencari akupunturis yang tepat untuk membantu Anda mendapatkan manfaat dari akupuntur. Pastikan orang yang membantu Anda sudah memiliki sertifikat untuk melakukan praktik ini. Lebih baik lagi carilah akupunturis yang sudah berpengalaman praktek cukup lama. Atau konsultasikan kepada dokter anda karena banyak dokter ahli Saraf di Indonesia yang belajar akupuntur di negeri Cina,Korea dan Jepang.

Reference 

Mayo Clinic https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/acupuncture/about/pac-20392763

Diakses pada 11 Oktober 2022

Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/156488

Diakses pada 11 Oktober 2022

Bagikan Artikel