Breaking News

Walikota Jaya Negara Mendem Pedagingan Di Pura Desa Adat Sumerta

Okebali.com

Denpasar – Dengan rampungnya renovasi Bale Kulkul dan Bale Gong, di Pura Desa Adat Sumerta selanjutnya dilaksanakan Karya Melaspas yang bertempat di Pura setempat pada Selasa (21/2).

banner 325x300


Turut hadir serta ikut serta dalam pelaksanaan mendem pedagingan dan pemukulan kulkul pertama oleh Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, didampingi Walikota Denpasar periode 2008 – 2021, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Camat Denpasar Timur, I Made Tirana, Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa Atmaja, Bendesa Adat Sumerta, tokoh adat desa setempat serta seluruh kelian banjar di Desa Adat Sumerta.


Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan selain untuk meninngkatkan keharmonisan masyarakat khususnya di Desa Adat Sumerta, pelaksanaan ini juga diharapkan mampu memancarkan energi positif di wilayah Desa Adat Sumerta dan di Kota Denpasar.


“Ini merupakan salah satu penerapan dari dharmaning agama dan dharmaning negara. Tentu kami berharap kedepannya dengan dilaksanakannya Karya Pemelaspas Bale Kulkul dan Bale Gong ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat Desa Adat Sumerta dan Kota Denpasar,” kata Jaya negara.


Sementara Ketua Penyatusan Pengemong Pura Desa Desa Adat Sumerta, I Ketut Rudy Artana dalam mengatakan, hari ini yang bertepatan dengan rahina Anggara Pon Merakih tanggal 21 Pebruari 2023 dilaksanakan Karya Pemelaspasan Bale Kulkul dan Bale Gong di Pura Desa, Desa Adat Sumerta.
Lebih lanjut dikatakannya, adapun pelaksanaan renovasi Bale Kulkul dan Bale Gong ini telah dimulai dari tanggal 18 September 2022 hingga 18 Desember tahun 2022. “Kami sangat berterimakasih kepada Pemkot Denpasar. Dan kami berhrap dengan pelaksanaan ini agar dapat terus mempertahankan tradisi, adat, dan budaya serta keharmonisan umat di Kota Denpasar khususnya di Desa Adat Sumerta,” katanya.


Selebihnya dikatakan I Ketut Rudy Artana, adapun selama pelaksanaan upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Bajing, Griya Tegal Jingga Sumerta.

Bagikan Artikel