Breaking News

Kemenparekraf Luncurkan @creativebyindonesia untuk Promosikan Ekonomi Kreatif Indonesia

Okebali.com


Jakarta, ~ 24 Februari 2023 – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meluncurkan akun media pemasaran ekonomi kreatif Indonesia yang diberi nama @creativebyindonesia untuk mendorong dan mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif buatan anak bangsa.

banner 325x300


Akun ini diharapkan bisa menjadi wadah bertemunya para pecinta produk kreatif lokal dengan para pengusaha produk ekonomi kreatif maupun sesama para pelaku dan pengusaha ekonomi kreatif agar dapat saling berkolaborasi.


Akun @creativebyindonesia juga turut mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan gerakan #BeliKreatifLokal, sebagai bentuk dukungan Kemenparekraf untuk meningkatkan promosi ekonomi kreatif Indonesia.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya, Rabu (22/2/2022), mengatakan perencanaan pembuatan akun @Creativebyindonesia sudah cukup lama hingga akhirnya bisa terwujud dan dikenalkan ke masyarakat.


“Kami berharap @creativebyindonesia bisa menginspirasi masyarakat secara luas, terutama anak-anak muda agar mulai mengenal dan mencintai produk ekraf. Betapa kerennya produk-produk buatan bangsa yang nggak kalah dari brand-brand luar negeri sehingga mereka ingin #BeliKreatifLokal yang dampaknya nggak main-main karena bisa membangkitkan UMKM dan industri ekraf dalam negeri dan menciptakan lapangan kerja lebih luas lagi,” kata Menparekraf Sandiaga.


Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan Kemenparekraf mengajak para pelaku kreatif untuk dapat memanfaatkan akun @creativebyindonesia untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif Indonesia.


Semua konten kreatif yang diunggah di akun @creativebyindonesia diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempertunjukkan kreativitas Indonesia sekaligus menjadi inspirasi bagi audiens untuk dapat menemukan versi kreativitasnya sendiri. Harapannya, sektor ekonomi kreatif dan UMKM dapat menjadi pemantik bagi terciptanya 4,4 juta lapangan kerja berkualitas pada 2024.


“Kita akan dukung platform, dari, oleh, buat, para pelaku yang difasilitasi oleh kami. Kami undang para pelaku untuk memanfaatkan platform ini sehingga mereka bisa men-showcase, mendapatkan inspirasi, kemudian mengembangkan subsektor yang ada di Indonesia,” kata Ni Made Ayu.


Peluncuran akun @creativebyindonesia berkolaborasi dengan Jak! 101 FM, dilakukan di halaman parkir Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat pada Rabu, 22 Februari 2023.


Kegiatan ini juga didukung dengan aktivasi media sosial dengan hadiah Grand Prize voucher GrabFood senilai 2 juta rupiah untuk 4 orang pemenang, dan voucher OVO senilai total 5 juta rupiah untuk 100 followers beruntung.


Selain itu, juga ada pertunjukan musik yang diramaikan oleh MALIQ & D’Essentials sebagai bintang tamu misterius pada ‘Mendadak Konser’. Seperti judul kegiatannya, ‘Mendadak Konser’ merupakan pertunjukan musik yang diadakan secara mendadak dan tidak diketahui oleh pegawai Kemenparekraf. Acara Mendadak Konser dipandu oleh Gita Bhebhita dan Molan.


Bersamaan dengan pertunjukan musik Mendadak Konser, diadakan pula pameran mitra _co-branding_ Wonderful Indonesia di halaman parkir Gedung Sapta Pesona, di antaranya:
1. Grab Indonesia
2. Bakmi Naga Resto
3. Batavia Cafe
4. Hydro Coco
5. Nestle
6. Nutrifood
7. PT. Sekar Laut (Finna Food).

Hadir juga UMKM binaan Apresiasi Kreasi Indonesia 2022, dan juga Beda’kan (Bedah Desain Kemasan):
1. Cokelatin Signature
2. Mones
3. Noible
4. Pie Susu Cirebon
5. Siwang Ma’ Ipeh
6. Upschele
7. Imago Raw Honey
8. Koekis Keren
9. SALAKU


Turut hadir dalam acara itu, jajaran pejabat eselon I Kemenparekraf, eselon I Kemenkomarves, direksi Jak! 101 FM, dan Meta yang bersama Menparekraf memukul kentongan menandai peluncuran akun @creativebyindonesia.

Bagikan Artikel