Breaking News

Cegah DB, Kader Jumantik Dan Puskesmas III Densel Lakukan PSN Di Pemogan.

Okebali.com

Denpasar – Kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dan penaburan bubuk abate di tempat – tempat penampungan air dilaksanakan di wilayah Banjar Jaba Jati, Pemogan, Denpasar Selatan oleh Kader Jumantik dan Puskesmas III Densel pada Sabtu (11/2).

banner 325x300

Kepala Puskesmas III Denpasar Selatan drg.Yudy Setiawati menjelaskan bahwa kegiatan PSN di banjar – banjar merupakan kegiatan rutin yang di laksanakan setiap hari, selain PSN, kader jumantik juga melakukan penyuluhan perorangan kepada masyarakan di wilayah kerja puskesmas . “Untuk kegiatan PSN dilaksanakan secara serentak di wilayah banjar sesuai jadwal yang disepakati bersama kader jumantik. Saat pelaksaan PSN para jumantik dan koordinator jumantik juga mengedukasi masyarakat agar ikut menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

“Jika ada kasus DBD di wilayah baik dari hasil laporan warga setempat, masyarakat, pemeriksaan pasien yg dicurigai DBD dari fasyankes / puskesmas, laporan dari Dinas Kesehatan pasti semuanya akan terlaporkan secara cepat melalui WA gruop surveillance, WA koordinator jumantik. Sebagai tindak lanjutnya para jumantik, koordinator jumantik, kaling kadus akan turun ke lapangan dan melakukan kegiatan PE, memeriksa jentik yang ada di sekitar rumah terduga DBD, sekiranya ditemukan jentik pasti akan langsung diberi bubuk abate di tempat penampungan air, dan mengedukasi keluarga / warga utk selalu menjaga lingkungan tetap bersih apalagi dengan kondisi cuaca yg kadang hujan kadang panas. Jadi diharapkan warga juga menjadi jumantik mandiri di rumahnya sendiri,” ujarnya.

drg.Yudy Setiawati menambahkan lagi antisipasi lainnya penanggulangan DBD yang bisa dilakukan adalah penyuluhan masif dalam gedung dan luar gedung, di tempat umum, sekolah, kantor . Untuk pelaksanaan 3M +, Edukasi dan informasi melalui media sosial puskesmas, Pemberian bubuk abate kepada warga yg banyak tempat penampungan air yang susah dibersihkan. Disamping itu juga mengedukasi warga agar menanam tumbuhan yg bisa mengusir nyamuk,” ucapnya. (Esa/humasdps)

Bagikan Artikel