Breaking News

Ajak Siswa Peduli Pelestarian Habitat Laut, Wawali Arya Wibawa Buka Lomba Susur Mangrove Menyambut HUT Kota Denpasar ke 235.

OKEBALI.COM

Denpasar,

banner 325x300

Serangkaian menyambut Hut Kota Denpasar ke-235 tahun 2023, Pemkot Denpasar melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar kembali menggelar Lomba Susur Mangrove. Kegiatan ini dibuka Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa di Kawasan Estuary Dam Hutan Mangrove Batu Lumbang, Pemogan, Denpasar, Jumat (24/2).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, IB. Mayun Suryawangsa, Asisten Administrasi Pembangunan Kota Denpasar, AA. Gde Risnawan para peserta lomba serta instansi terkait lainya. Seluruh peserta yang merupakan perwakilan SMA/SMK serta kalangan umum atau komunitas peduli lingkungan tampak antusias untuk berkumpul sejak pagi hari. Sebagian besar dari mereka turut menggunakan identitas masing-masing.

Sesuai tema perayaan HUT Kota Denpasar tahun ini ” Dengan Semangat Vasudhaiva Kutumbakam Bangkit Bersama Menuju Denpasar Maju Mari Kita Perangi Sampah Plastik Melalui Kegiatan Pelestarian Habitat Pantai ” kita berupaya memberikan edukasi dan pemahaman kepada pelajar, remaja serta masyarakat terkait dengan pelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan yang dimiliki Kota Denpasar. Dalam kegiatan tersebut juga diisi pemberian bantuan sosial dalam bentuk sembako bagi nelayan yang terdampak inflasi dan tidak dapat melaksanakan aktifitas melaut karena cuaca buruk.

Arya Wibawa mengatakan, kawasan hutan mangrove di Wilayah Tahura Ngurah Rai merupakan wilayah hilir tempat bermuaranya sampah dari sungai maupun aktifitas penduduk Kota Denpasar sehingga perlu dilaksanakan Kegiatan Pelestarian Habitat Pantai dengan memungut sampah plastik menggunakan kano bertujuan untuk
menumbuhkan kecintaan pelajar, remaja serta masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan mangrove.

Disamping itu, untuk menggugah kesadaran semua pihak dalam menjaga, memelihara dan memotivasi masyarakat untuk tidak membuang sampah khususnya sampah plastik ke perairan umum (sungai) sehingga bisa mempercepat, menstabilkan kondisi lingkungan dan menyelamatkan semua hábitat di kawasan hutan mangrove serta turut menjaga kelestarian hutan mangrove.

Sementara Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, IB. Mayun Suryawangsa mengatakan, Peserta Kegiatan Pelestarian Habitat Pantai diikuti oleh 200 (dua ratus ) peserta yang terdiri dari pelajar SMA/SMK dan masyarakat umum baik dari mahasiswa, komunitas peduli lingkungan, sekeha Teruna Teruni di Kota Denpasar. Penyerahan Paket bahan pangan kepada 4 (empat) kelompok nelayan sejumlah 100 (seratus) paket bahan pangan.

Semoga apa yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah mengurangi volume sampah terutama sampah plastik yang terdapat di wilayah Hutan Mangrove Tahura Ngurah Rai sehingga pelestarian lingkungan tetap terjaga. Volume sampah yang berhasil dikumpulkan dari seluruh peserta lomba susur mangrove sebanyak 2628,17 kg

Bagikan Artikel