Breaking News
UMUM  

“Tegaskan Komitmen” Pemerintah Dorong Ekonomi Hijau di Indonesia, Kementerian Investasi Luncurkan Panduan Investasi Lestari

OKEBALI.COM Bali Nusa Dua

Bali, 15 November 2022 – Bersamaan dengan penyelenggaraan pengenalan Bali Kompendium G20, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meluncurkan Sustainable Investment Guidelines (SIG) atau Panduan Investasi Lestari, kemarin siang di Bali (14/11). Panduan yang merupakan hasil kolaborasi Kementerian Investasi/BKPM dengan Koalisi Ekonomi Membumi ini merupakan bentuk komitmen Indonesia terhadap ekonomi hijau.

banner 325x300

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menilai pentingnya menyusun sebuah panduan investasi untuk mengakomodir banyaknya pihak yang terus mempermasalahkan isu terkait investasi yang tidak ramah lingkungan dan tidak memperhatikan rakyat. Bahlil jmeminta agar panduan investasi tersebut tidak hanya oleh Kementerian Investasi, tetapi melibatkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Tolong undang saudara-saudara kita di NGO. Kita minta pikiran mereka yang cerdas, yang bagus, kita kolaborasi, dan kita lakukan. Alhamdulillah tadi sudah ada yang namanya Panduan Investasi Lestari. Saya terima kasih banyak atas kerja samanya,” ujar Bahlil.

Sesuai dengan arahan Menteri Investasi tersebut, Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Indra Darmawan menjelaskan bahwa Kementerian Investasi/BKPM membentuk koalisi antara sektor pemerintah dan non-pemerintah untuk membuat draft awal panduan ini. Setelah draft awal dikonsultasi publikkan dan uji cobakan kepada para pelaku usaha, maka tersusunlah Panduan Investasi Lestari ini yang siap untuk disosialisasikan.

“Penyusunan panduan ini menggunakan prinsip meaningful participation. Jadi partisipasi penuh dari masyarakat sipil, para pelaku usaha, dan pemerintah. Setelah ini, kita lakukan sosialisasi untuk pelaksanaannya. Jadi tidak berhenti menjadi dokumen saja, tapi yang lebih penting adalah bagaimana ini dilaksanakan secara nyata di lapangan,” jelas Indra.

Gita Syahrani selaku anggota dari Koalisi Ekonomi Membumi merasa terharu dengan diluncurkannya Panduan Investasi Lestari ya ng telah disusun sejak Maret 2022 lalu.

“Mudah-mudahan investasi lestari ini juga bisa bersama-sama tumbuh, sehingga dapat menjadikan panduan ini sesuatu yang betul-betul digunakan untuk mendefinisikan portofolio investasi unggulannya Indonesia yang ramah lingkungan dan ramah sosial,” ucap Gita.

Panduan Investasi Lestari merupakan salah satu komitmen Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Investasi/BKPM dalam mendorong investasi yang memperhatikan aspek-aspek keberlanjutan. Panduan ini ditujukan agar pelaku usaha dapat bertransformasi dalam faktor lingkungan, sosial, ekonomi dan tata kelola. Diharapkan melalui panduan ini dapat meningkatkan investasi berkelanjutan di Indonesia sesuai dengan target tujuanh pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dan penurunan emisi nasional.

(Ukie/As)

Bagikan Artikel