Breaking News

Sekda Adi Arnawa disaat menghadiri Puncak Karya di Pura Dalem dan Prajapati

Okebali.com

Badung, ~ Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung, menghadiri puncak Karya Melaspas, Mendem Pedagingan, Ngenteg Linggih Padudusan Alit, Wrespati Kalpa Panca Rupa Meyama Raja di Pura Dalem dan Prajapati, Desa Adat Kwanji, Sempidi, Minggu (29/1). Dalam kesempatan ini Sekda Adi Arnawa memberikan paraf di prasasti dan menyerahkan bantuan dana aci dari Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 50 juta.

banner 325x300

Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Watulumbang Sibang ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Badung Putu Parwata, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha, Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Tripika Kecamatan, Lurah sempidi I.G.A.K. Oka Dewi Pertiwi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Bendesa Adat Sempidi, Bendesa Adat Tegal Darmasaba, Bendesa Adat Padang Luwih, Paiketan Prajuru Desa Adat Sempidi Kwanji serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam Sambrama wacananya Sekda Wayan Adi Arnawa, mengucapkan terima kasih dan puji syukur kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa dan Ida Betara-Betari yang berstana di Pura Dalem dan Prajapati, Desa Adat Kwanji, karena atas restu Beliau semua bisa berkumpul untuk melaksanakan Karya melaspas, mendem pedagingan, ngenteg linggih pedudusan alit, wrespati kalpa panca rupa meyama raja dan sembahyang bersama.

“Mudah-mudahan karya melaspas ini berjalan dengan baik, lancar, side sidaning don. Mewakili Guru Wisesa Jagad Badung tidak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat Desa Adat Kwanji yang sudah bisa menjalankan Karya melaspas, mendem pedagingan, ngenteg linggih pedudusan alit, wrespati kalpa panca rupa meyama raja. semoga melalui upacara ini Ida Betara yang melinggih di Pura Dalem dan Prajapati ini senantiasa menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi alam dan semua makhluk hidup,” ujarnya seraya mengajak seluruh masyarakat untuk tetap bersatu untuk kemajuan Desa dan Kabupaten Badung.

Sementara itu Bendesa adat Kwanji I Ketut  Sugiana menghaturkan banyak terima kasih kepada Murdaning Jagad Badung yang diwakili oleh Sekda Badung bersama para undangan karena sudah bersedia hadir di tengah-tengah masyarakat. Pihaknya menyebutkan rangkaian Karya melaspas, mendem pedagingan, ngenteg linggih pedudusan alit, wrespati kalpa panca rupa meyama raja di Pura Dalem dan Prajapati, desa adat Kwanji, Sempidi sudah dilaksanakan mulai tanggal 7 Januari 2023 sampai 3 Februari 2023 dan puncaknya dilaksanakan tanggal 29 Januari 2023. “Saya sangat bersyukur karya ini bisa dilaksanakan dengan baik yang tidak terlepas dari semangat persatuan warga dan dukungan pemerintah serta berharap rangkaian karya berjalan dengan lancar labda karya sida sidaning don,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Karya ini dilaksanakan karena adanya pembenahan pembangunan fisik Pura Dalem, Gedong Dalem, Dalem Penataran, dan Dalem Penyarikan. Bantuan hibah APBD perubahan 2022 berupa penataan Penataran Pura Puseh, Pura Dalem, Pura Taman Beji, pembangunan di Pura Prajapati berupa Padmasari dan Sedan Karang, serta bantuan hibah pengaspalan jalan.

 

Bagikan Artikel