Breaking News

Ribuan Orang Ikuti Gebyar Yoga Bali Kuno Sambut HUT Kota Denpasar ke-235

OKEBALI.COM

Denpasar,
Lebih dari 1.500 orang mengikuti Gebyar Yoga Bali Kuno yang digelar bersama Pemkot Denpasar dengan UKM Yoga UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar, Minggu (12/2). Kegiatan yang bertujuan menjaga kesehatan tubuh ini digelar serangkaian menyambut HUT Kota Denpasar ke-235 yang dibuka Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Made Surada, MA.

banner 325x300

Turut hadir Sesepuh Seruling Dewata, Pembina Yoga UHN I Gusti Bagus Sugriawa, Dr. I Made Sugata, serta undangan lainya. Diawali dengan penampilan Yoga dari UKM Yoga UHN I Gusti Bagus Sugriawa, peserta yang didominasi siswa SD, SMP, SMA/SMK, Mahasiswa, dan Komunitas serta Pembina Yoga ini tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan hingga selesai.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Made Surada, MA dalam sambutannya mengatakan, Yoga merupakan salah satu ajaran leluhur yang telah ada sejak Abad ke-9. Dimana, keberadaanya merupakan salah satu local genius masyarakat Bali. Sehingga keberadaan Yoga perlu dilestarikan dan dimasyarakatkan.

“Jika dilihat dari Lontar Weraspati Tattwa terdapat Sad Angga Yoga, ini merupakan hal yang luar biasa, dimana leluhur kita sudah meramu Yoga, sehingga penting bagi kita untuk melestarikan warisan leluhur dengan nilai local genius yang tinggi ini,” jelasnya

Dikatakan Surada, Yoga selain melestarikan warisan leluhur, juga baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini lantaran setiap organ tubuh memiliki asana atau gerakan. Sehingga sejalan dengan tema ‘Nirogham Vardhana Sambandha Karmasu Kausalam’.

“Melalui momentum ini Gebyar Yoga yang dirangkaikan dengan HUT Kota Denpasar ke-235, melalui Yoga mari kita wujudkan peningkatan kesehatan melalui kesempurnaan dalam ketrampilam Sambandha Kriya di masa pasca pandemi,” ujarnya

Sementara Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana mengatakan, Beragam kegiatan digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Denpasar ke-235. Kali ini, dengan bersinergi bersama UKM Yoga UHN I Gusti Bagus Sugriawa turut dilaksanakan Gebyar Yoga. Hal ini tentu sejalan dengan Tema HUT Kota Denpasar ke-235 yakni Dengan Semangat Vasudhaiva Kutumbakam Bangkit Bersama Menuju Denpasar Maju.

“Rasa menyama braya inilah yang kita ingin terus bangkitkan, sehingga HUT Kota Denpasar menjadi momentum untuk saling bersinergi dalam mengisi pembangunan,” ujarnya

Lebih lanjut dijelaskan, Yoga umumnya telah dikenal sebagian besar kalangan masyarakat. Dimana, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kekuatan otot, menjaga keseimbangan tubuh, dan melatih kelenturan tulang belakang. Tak hanya itu, Yoga juga dapat membantu menjaga kesehatan, terutama jantung, terlebih pada penderita hipertensi.

“Tentunya kami mengucapkan terimakasih atas sinergitas bersama ini, semoga kedepan Yoga terus berkembang, menjadi salah satu solusi kesehatan bersama, semoga pada hari ini kita sehat bersama, serta apa yang diwarisi leluhur kita terus berkembang, dimasyarakatkan, dan tentunya berkemanfaatan,” ujar Alit Wiradana. (HumasDpa/Ags).

OBC/UN

Bagikan Artikel