Breaking News

Puslitbang Polri Gelar Penelitian Di Polresta Denpasar, Wujudkan Polri Yang Profesional

OKEBALI.COM

Denpasar, Puslitbang Polri menggelar penelitian dan supervisi tentang Strategi Pembinaan Perwira di Polresta Denpasar Pasca Pendidikan Pembentukan, guna mencegah terjadinya pelanggaran dalam rangka mewujudkan Polri yang profesional, Senin (13/2/2023).

banner 325x300

Hadir dalam kegiatan tersebut Kombes Pol. FX Surya Kumara, SH.,MH. Selaku Ketua Tim Penelitian Litbang dan menyampaikan arahan bahwa penelitian ini adalah untuk mencari data, masukan dan informasi terkait faktor penyebab terjadinya pelanggaran yang dilakukan perwira pertama serta implementasi pembinaan perwira pertama pasca pendidikan pembentukan.

Berdasarkan data dari Divpropam Polri pelanggaran (disiplin dan kode etik profesi polri) anggota polri berpangkat perwira pertama (ipda-akp), menunjukkan bahwa angka pelanggaran hampir merata pada kepangkatan perwira pertama polri setiap tahunnya.

“Pelanggaran, hal ini menunjukkan adanya peningkatan pelanggaran dari tahun ke tahun oleh perwira pertama, profesionalisme kinerja anggota polri, khususnya perwira pertama polri sumber Akpol perlu menjadi perhatian utama, mengingat, mereka adalah SDM calon pimpinan yang nantinya merupakan sebagai peyangga organisasi polri,” ucap Kombes Surya Kumara.

Penelitian ini juga sebagai bahan masukan kepada pimpinan Polri (Kapolri dan Kapolda) dalam rangka optimalisasi pencegahan dan mitigasi pelanggaran yang dilakukan perwira pertama sumber Akpol pasca pendidikan pembentukan.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara dan diskusi dengan Kasatker dan Kasatwil terkait bentuk pelanggaran disiplin dan Kode Etik Profesi Polri (KEPP), pengisian kuesioner kepada seluruh perwira pertama, pengumpulan data sekunder tentang jumlah perwira pertama.

Sementara itu Wakapolresta AKBP I Wayan Jiartana, SH., SiK., M.Si. mengatakan bahwa Polresta Denpasar kepada tim puslitbang polri bahwa di Tahun 2023 ini terdapat 12 personel pama lulusan Akpol dan dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi pama lulusan Akpol nantinya dan menjadikan acuan dalam pelaksanaan tugas kedepannya.

OBC/UN

Bagikan Artikel