Breaking News
UMUM  

Pesta Laut Di Muara Angke Mengambil Tema “Nelayan Sejahtera Nelayan Kuat”

OKEBALI.COM Jakarta 16 Nopember 2022.

Jakarta – Sejumlah nelayan mengikuti acara pesta laut di Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa15 November 2022, Pesta Laut tersebut digelar oleh para nelayan di pasar ikan di ujung utara jakarta dalam upacara sedekah laut atau biasa disebut Nadran.

banner 325x300

Sedekah bumi Nadran di Muara Angke merupakan tradisi adat kebiasaan warga nelayan yang disertai ratusan kapal dengan melarung dan memperebutkan sesaji di tengah laut.

Pesta laut ini sudah biasa dilakukan setiap tahunnya oleh para nelayan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas hasil laut yang diperoleh.

Dalam acara itu ada pemberian jaminan kematian kepada beberapa ahli waris yang keluarganya meninggal sebagai nelayan dalam mengarungi kehidupannya dari BPJS ketenagakerjaan.

Pesta Laut itu juga menyajikan hiburan warga, bahkan tari tradisional seperti penampilan ondel odel, wayang kulit yang di gelar semalam suntuk dan siangnya musik hiburan dangdut.

Ketua Umum panitia Pesta Laut 2022, Wanto (Ahwat) menjelaskan, kegiatan tersebut adalah sebagai ajang silaturahmi para nelayan dan para pengusaha dalam bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas perolehan hasil laut.

“Dengan berkumpulnya teman-teman semoga menambah pengetahuan, koneksi dan rezeki yang berlimpah. Sehingga terciptanya “Nelayan Sejahtera Nelayan Kuat”. Jaminan kematian itu lah yang menciptakan rasa kemanusiaan sehingga menguatkan para nelawan itu sendiri,” ucap Ahwat

Sementara di tempat terpisah Maad Kepala UPPP Muara Angke mengungkapkan, pesta laut merupakan bentuk rasa bersyukur bagi para nelayan.

“Selain itu acara Nadran ini sebagai wadah silahturahmi para nelayan dan juga para pengusaha perikanan yang perlu di jaga dengan baik,” kata Maad.

Kembali Maad mengatakan, kegiatan Nadran ini menjadi destinasi wisata dan budaya, karena kegiatan ini setiap nelayan dimanapun berada biasa diadakan, bahkan seluruh Indonesia, nah di Muara Angke ini kita melaksanakannnya,” tuturnya.

Ukie/Red

Bagikan Artikel