Breaking News

Menteri Bahlil Tekankan Fokus Pemerintah Kembangkan Ekonomi Hijau

Okebali.com

Jakarta, 2 Februari 2023-Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjadi narasumber dalam acara Morning Talk with Minister of Investment yang merupakan rangkaian dari Mandiri Investment Forum (MIF) pagi ini (2/2) di Plaza Mandiri, Jakarta. Turut hadir pula dalam diskusi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono.

banner 325x300

Menteri Bahlil dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini salah satu fokus pemerintah adalah membangun ekonomi hijau baik melalui transisi energi maupun investasi yang berkelanjutan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan tetap memperhatikan lingkungan. Hal ini diharapkan menjadi suatu gerakan perubahan bagi Indonesia untuk mencapai target nol emisi karbon pada tahun 2045.

“Berbicara tentang energi hijau, ini terjadi anomali berpikir antara negara maju dan berkembang. Di berbagai belahan dunia mengatakan bahwa semua negara harus memakai energi baru terbarukan, tetapi hanya 1/5 investasi energi hijau yang masuk ke negara berkembang. Oleh karena itu, perlu persamaan berpikir bahwa semua negara setara, seharusnya tidak ada diskriminasi antar negara berkembang dan negara maju. Selain itu, pemerintah juga mendorong penurunan emisi karbon sebesar 31,89% pada tahun 2030,” ungkap Bahlil.

Mendukung hal tersebut, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam sambutannya memaparkan perkembangan pembangunan IKN terdiri dari 5 aspek, yaitu green, smart, inclusive, resilient, dan sustainable. Oleh karena itu, IKN tidak hanya untuk pusat pemerintahan tetapi juga dirancang untuk menjadi pusat perekonomian yang baru. Pemerintah sangat terbuka dan mendukung para investor untuk menjajaki peluang investasi besar di IKN serta berkontribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi.

“Ada 9 area sedang kita fokuskan yang tentunya dibangun sesuai dengan kebutuhan dan budaya masyarakat. Hanya 25% dari daerah tersebut yang akan diisi bangunan, 65% area tersebut akan dilakukan reforestasi, sedangkan 10%-nya akan digunakan untuk taman dan tempat produksi pangan. Hutan yang telah terpakai akan dikembalikan menjadi hutan tropis lagi. Hal ini dilakukan dalam rangka mencapai sustainable environment,” jelas Bambang.

Pemerintah terus berupaya untuk mendorong peningkatan dan pemulihan ekonomi Indonesia menuju Indonesia Maju melalui beberapa langkah, seperti target investasi tahun 2023 meningkat menjadi sebesar Rp1.400 triliun, mendorong hilirisasi, optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau, perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat, program-program UMKM naik kelas serta pembangunan IKN

Bagikan Artikel