Breaking News

Menparekraf: Kolaborasi Lintas Sektor Perkuat Keberhasilan ATF 2023

Okebali.com

Jakarta, ~ Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kesuksesan penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 tidak lepas dari kolaborasi Kemenparekraf bersama kementerian/lembaga terkait termasuk dukungan dari pihak swasta Rabu 8 Februari 2023

banner 325x300

Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (8/2/2023), mengatakan, kolaborasi terus digenjot pemerintah sebagai salah satu faktor utama pendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. Termasuk dalam penyelenggaraan ATF 2023 lalu di mana keterlibatan banyak pihak memiliki peranan yang besar.

Salah satunya dukungan Tiket.com yang menjadi official ground transportation partner pada event yang berlangsung pada 3 hingga 5 Februari 2023 di Yogyakarta.

Foto : Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

“Kemenparekraf membuka banyak pintu kolaborasi seperti salah satunya program co-branding untuk mempromosikan produk lokal dan meningkatkan pariwisata Indonesia. Selain itu, Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan OTA Indonesia, salah satunya tiket.com. Keterlibatan pihak swasta turut memberikan dukungan yang besar lagi kepada program-program pariwisata pemerintah,” kata Menparekraf Sandiaga.

Keterlibatan tiket.com dalam mendukung berbagai program Kemenparekraf sudah terjalin dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pada 2022 lalu, tiket.com bersama Kemenparekraf sudah melaksanakan sejumlah kegiatan bersama baik berskala nasional maupun internasional. Salah satu di antaranya adalah World Tourism Day G20 di Bali di mana tiket.com turut meramaikan dan mendukung penuh ajang bergengsi tersebut.

Tiket.com juga telah melaksanakan beberapa Focus Group Discussion (FGD) untuk meningkatkan literasi digital para pelaku pariwisata di berbagai destinasi prioritas di Indonesia.

“OTA (Online Travel Agent) di Indonesia memainkan peran penting dalam tercapainya program-program pariwisata pemerintah. Oleh karena itu, kami mendukung inisiatif-inisiatif yang dilakukan tiket.com guna memajukan pariwisata nasional, terutama di destinasi-destinasi prioritas,” ujar Sandiaga.

Ia optimistis peranan digital seperti yang dilakukan tiket.com sebagai OTA akan memperkuat kebangkitan ekonomi di sektor parekraf dengan terbukanya lapangan kerja.

”Diversifikasi sektor yang dilakukan dalam pengembangan industri pariwisata di Indonesia tidak hanya membuka kesempatan lapangan pekerjaan, namun juga memberikan aspek nilai tambah di dalamnya. Selain itu, Kemenparekraf akan fokus terhadap tiga agenda prioritas; recovery and rebuilding, digital transformation, dan sustainability,” ujar Sandiaga.

Co-Founder dan Chief Marketing Officer (CMO) tiket.com, Gaery Undarsa, mengatakan, dalam ATF 2023 yang dihadiri lebih dari 15 negara dan organisasi internasional itu, tiket.com menjadi Official Ground Transportation Partner selama acara berlangsung untuk mengakomodir transportasi darat para tamu menteri dan delegasi dari ATF.

Dukungan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen tiket.com untuk terus mendukung berbagai kegiatan pemerintah yang diharapkan mampu mendongkrak kemajuan pariwisata Indonesia.

“Sebagai pionir OTA di Indonesia dan mitra strategis dari Kemenparekraf, tiket.com selalu membuka pintu dan berinisiatif untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama bersama Kemenparekraf untuk kebangkitan pariwisata di Indonesia,” ujar Gaery.

Pada tahun 2023 ini, tiket.com akan kembali melaksanakan berbagai program-program beserta kegiatan nasional yang tidak hanya fokus untuk membantu memajukan performa pergerakan wisata nusantara, namun juga meningkatkan kualitas para pelaku pariwisata di Indonesia.

“Tahun 2023 ini, kami kembali membawa semangat kolaborasi tersebut melalui ATF 2023. Acara ini kami harapkan dapat menjadi ajang untuk memberikan akselerasi terhadap kemajuan pariwisata Indonesia kedepannya dan menggaet lebih banyak lagi wisatawan asing ke Indonesia,” ujarnya.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani Kepala Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Bagikan Artikel