Breaking News

Menparekraf Dukung Penyelenggaraan Pameran Broadcast Olahraga Internasional di Bali

Okebali.com

Jakarta, 20 Februari 2023 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi rencana penyelenggaraan ajang pameran penyiaran (Broadcast) olahraga bergengsi di dunia yakni Sportel Rendez-Vous yang akan diselenggarakan di Pulau Dewata, Bali.

banner 325x300

Event yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di kawasan Asia ini akan digelar selama dua hari pada tanggal 23 – 24 Februari 2023.

Menparekraf Sandiaga Uno saat “The Weekly Briefing With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Senin (20/2/2023), mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dan memfasilitasi Sportel Rendez-Vous Bali terkait rekomendasi untuk perizinan dan promosi event.

“Kegiatan ini akan menjadi momentum untuk semakin meningkatkan kunjungan wisman dan pergerakan wisnus. Kami mendorong penerapan panduan CHSE penyelenggaraan event,” ujarnya.

Sportel Rendez-Vous Bali akan menjadi “rendezvous-point/titik pertemuan” bagi broadcaster Asia. Indonesia dianggap sebagai pasar pemirsa yang besar untuk berbagai acara olahraga kelas dunia, khususnya sepak bola dan merupakan negara yang mayoritas menyiarkan siaran langsung olahraga secara gratis karena layanan OTT sendiri masih dianggap terbatas dan belum terjangkau bagi masyarakat luas.

Sportel merupakan pameran tahunan yang mempertemukan para pemilik hak siar program olahraga utama di dunia dan para broadcaster. Selama lebih dari 30 tahun, Sportel telah menjadi ajang pameran penyiaran olahraga paling bergengsi di dunia.

Dukungan Program #NgeshortsBareng

Selain itu, Menparekraf Sandiaga juga mendukung program Workshop #NgeShortsBareng yang akan hadir di 10 kota yaitu Medan, Balikpapan, Denpasar, Sorong, Yogyakarta, Pekanbaru, Makassar, Malang, Manado, dan Mataram.

Kota pertama yang akan dilalui adalah Medan di tanggal 24 Februari 2023, sekaligus menjadi penyemarak event F1 PowerBoat Lake Toba dan ditutup di Mandalika tanggal 2 Oktober 2023 bersamaan dengan Event MotoGP Mandalika.

“Kemenparekraf RI dan StarHits menghadirkan #NgeShortsBareng. Sebuah inisiatif peningkatan keterampilan yang memungkinkan kreator Indonesia untuk belajar, terhubung, dan berkreasi, serta mendapatkan wawasan dan praktik terbaik dari kreator dan praktisi tentang cara baru bercerita melalui format video pendek,” ujarnya.

Pertama digelar di tahun 2022, inisiatif ini telah dilaksanakan di 5 kota dan dihadiri oleh lebih dari dua ribu kreator Indonesia.

Kreator YouTube Indonesia memberikan informasi, menghibur, dan menginspirasi audiensnya serta menstimulasi ekonomi kreatif secara umum. Ketika channel bertambah besar, demikian pula jumlah kru yang direkrut dalam produksi konten.

Ekosistem kreatif di Indonesia pun menjadi lebih kuat, dan hal ini berdampak positif pada lapangan kerja dan PDB nasional.

“Kami mendorong agar para content creator menciptakan konten-konten yang unik dan menarik untuk turut serta mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya, dalam rangka mendukung target 1,2 sampai 1,4 miliar pergerakan wisman di tahun 2023, khususnya di 10 Lokasi Penyelenggaraan #NgeshortsBareng,” ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut seluruh jajaran eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf.

Bagikan Artikel