Breaking News
UMUM  

Hadiri HUT ST Yudha Muka, Dajan Peken, Mengwitani
Sekda Ajak Sekaa Teruna Buat Program Inovatif

OKEBALI.COM

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung, menghadiri perayaan HUT ke-54, Sekaa Teruna (ST) Yudha Muka, Br. Dajan Peken, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, sekaligus pengukuhan pengurus baru masa bakti 2023-2025, Minggu (1/1).

banner 325x300

Turut hadir Muspika Kecamatan Mengwi, Perbekel dan Bendesa Adat Mengwitani, Kelian Banjar serta Ketua ST se-Desa Mengwitani.Guna mendukung kegiatan HUT tersebut Sekda menyerahkan bantuan motivasi Rp. 10 juta

Mengawali sambutannya Sekda Adi Arnawa menyampaikan, selamat tahun baru 2023 dan hari suci Galungan dan Kuningan. Menurutnya perayaan HUT ST Yudha Muka ini adalah spesial karena jatuh pada awal tahun 1 Januari, terlebih bertambahnya anggota sekaa teruna yang baru sekaligus pengukuhan pengurus baru. Dengan pengurus baru diharapkan sekaa teruna lebih semangat, lebih kompak, dengan program baru dan kreatif yang menyentuh seluruh anggota sekaa teruna dan krama banjar.

“Dengan pengurus baru, sekaa teruna harus mempunyai semangat baru serta program inovatif yang tetap mempertahankan kearifan lokal, kelestarian adat dan budaya bali, ” terangnya. Selain itu sekaa teruna diajak ikut mendorong dan menjadi pelopor berkembangnya UMKM dengan memanfaatkan digitalisasi, dalam upaya mengatasi krisis ekonomi global yang sudah menjadi wacana tahun ini. Dengan bangkitnya UMKM di wilayah banjar dan desa, perputaran ekonomi masyarakat akan semakin meningkat yang berdampak pula pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus menekan angka inflasi daerah. Dibagian lainnya, Sekda mengajak masyarakat dan sekaa teruna untuk menjaga kondusifitas keamanan di wilayah masing-masing. Terciptanya kondisi wilayah yang aman dan nyaman, akan meningkatkan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke bali dan badung khususnya. 

Ketua ST Yudha Muka I Putu Yudik Pradana menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang selama ini telah membantu dan mendukung kegiatan sekaa teruna, terutama ST Yudha Muka. Melalui program sekaa teruna, akan selalu mendukung dan seiring sejalan dengan program kegiatan yang sudah menjadi prioritas di kabupaten badung, berlandaskan konsep Tri Hita Karana.

Sementara Perbekel Mengwitani I Nyoman Suardana, mengucapkan selamat atas perayaan ulang tahun ST Yudha Muka dan pengukuhan pengurus baru. Pengurus yang baru diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik dalam upaya mendukung pembangunan seni, adat, agama dan budaya di Desa Mengwitani dan Badung umumnya. “Mari tetap kompak dan bersatu, sehingga program yang direncanakan akan berjalan dengan baik, ” pungkasnya.

(Ukie/As)

Bagikan Artikel