Breaking News

Cegah Meluasnya Penggunaan Nitrogen Cair Pada Panganan, Puskesmas Densel IV Pantau Kantin Sekolah

Okebali.com

DENPASAR – Mencegah meluasnya dampak buruk dari nitrogen cair yang belakangan kerap ditambahkan pada panganan, area kantin SD Negeri 2 Pedungan, Denpasar Selatan, disambangi sejumlah tim petugas pemantau pada Senin (30/1).
Selain melakukan pantauan langsung, para petugas yang berasal dari Puskesmas IV Denpasar Selatan itu juga mengedukasi para penjual makanan kantin serta siswa terkait bahaya efek nitrogen cair bagi tubuh.

banner 325x300

Kepala UPTD Puskesmas IV Denpasar Selatan, drg. Made Saraswati Rahayu menjelaskan dari hasil pantauan lapangan, tidak ditemukan jenis makanan yang mengandung nitrogen cair itu di lokasi.

“Sekalipun tidak ditemukan, kami terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat utamanya para siswa dan orang tua agar terus berhati hati dalam mengkonsumsi jajanan,” jelas drg. Saraswati.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengimbau tempat pengelolaan pangan seperti gerai, warung, atau jajanan keliling tidak menggunakan nitrogen cair.

“Sesuai arahan dari Kemenkes, adalah pemberian nitrogen cair pada makanan yang tidak sesuai standar keamanan pangan bisa berbahaya dan menyebabkan keracunan. Dan ini yang menjadi fokus kita,” lanjutnya.

drg. Saraswati menambahkan, pihaknya akan secara berkelanjutan melakukakan pemantauan ini di sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya.

Bagikan Artikel