Breaking News

Bupati Giri Prasta
Serahkan Dana Kreatifitas Ogoh-Ogoh 15 Juta Untuk Setiap Sekaa Teruna

Okebali.com

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyatakan, anggota Sekaa Teruna (ST) di Kabupaten Badung yang masuk dalam kategori Generasi Z, merupakan generasi penerus yang sangat berharga dan sangat bernilai, sehingga perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik agar menjadi insan yang berkualitas, berkarakter, cerdas, dan kompetitif. Hal ini disampaikan oleh Bupati Nyoman Giri Prasta saat menyerahkan dana kreatifitas pembuatan ogoh-ogoh sebesar Rp 15 juta untuk masing-masing Sekaa Teruna se-Kabupaten Badung yang berjumlah 594. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan dana inovasi kepada 45 Sekaa Teruna yang mengikuti Lomba Baleganjur Mini Vlog Tahun 2022, Selasa (14/2) bertempat di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung. Acara ini turut dihadiri Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Ketua Komisi IV DPRD Badung Made Suwardana, jajaran Forkopimda Kabupaten Badung, jajaran Ketua Organisasi Kewanitaan Kabupaten Badung, jajaran MDA Badung, serta undangan lainnya.

banner 325x300

 

Menurut Bupati Giri Prasta sebagai Generasi Z, anggota ST se-Badung memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah pengetahuan yang luas karena familiar dengan gadget/teknologi informasi. Terbuka terhadap perkembangan, mempunyai motivasi yang tinggi, multitasking, cenderung lebih toleran, tidak cepat berpuas diri, serta mempunyai keinginan untuk terus berkembang. Sehingga Sekaa Teruna perlu dimotivasi agar mampu melestarikan seni adat tradisi dan budaya Bali dengan memanfaatkan teknologi sebagai media dokumentasi dan promosi, sehingga masyarakat Indonesia bahkan luar negeri dapat mempelajari dan mengenal perbedaan serta keunikan budaya tradisional yang ada di Bali / Badung, khususnya yang berkaitan dengan tradisi ogoh-ogoh maupun tradisi lainnya serangkaian perayaan hari suci Nyepi. “Seperti apa yang disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo, generasi sekarang merupakan Generasi Z, atau generasi yang ada di era teknologi informasi. Itulah mengapa kami di Kabupaten Badung selalu giatkan untuk hal ini, sehingga betul-betul Sekaa Teruna menjadi sebuah kekuatan dalam pembangunan wilayah Kabupaten Badung. Tidak hanya pembangunan dalam bidang fisik namun juga harus dilaksanakan pembangunan di bidang sumber daya manusianya yang kita kenal dengan character building. Inilah yang perlu kita isi dengan baik sehingga generasi muda Sekaa Teruna/Yowana yang ada di Badung betul-betul bisa menjadi generasi muda yang mumpuni, kuat dan mandiri untuk membangun Badung ke depan,” ujar Giri Prasta seraya menyebut dirinya merupakan bagian dari Sekaa Teruna/Yowana

 

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung Gde Eka Sudarwitha melaporkan acara penyerahan dana kreatifitas ogoh-ogoh untuk sekaa teruna se-Badung Tahun 2023 mengambil tema Widya Rumaksa Ring Urip yang berarti Ilmu Pengetahuan Menyelamatkan Hidup. Acara ini bertujuan untuk melaksanakan misi Bupati/Wakil Bupati Badung dalam memperkokoh kerukunan hidup bermasyarakat dalam jalinan keragaman adat budaya dan agama. Sehingga anggota Sekaa Teruna bisa mempererat tali persaudaraan melalui Dresta Lango Ogoh-Ogoh di setiap wilayah banjar. “Mewakili Sekaa Teruna se-Badung kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati atas bantuan dana kreativitas dalam rangka melestarikan dresta lango ogoh-ogoh. Kami juga meminta kepada Sekaa Teruna agar menggunakan bahan yang ramah lingkungan dalam membuat ogoh-ogoh serta tidak mengandung unsur politik maupun pornografi,” ujarnya.

Bagikan Artikel