Breaking News

Bupati Giri Prasta saat menghadiri puncak HUT ST. Kartika Krama Duta Yowana ke-53, Banjar Celuk

Okebali.com

Badung, ~ Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri puncak HUT ST. Kartika Krama Duta Yowana ke-53, Banjar Celuk, Desa Adat Bualu, Kecamatan Kuta Selatan, Minggu (29/1). Turut hadir anggota DPRD Provinsi Bali Wayan Rawan Atmaja dan Ketut Tama Tenaya, anggota DPRD Kabupaten Badung Made Retha, Wayan Loka Astika dan Nyoman Karyana, Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta dan unsur tripika, Bendesa Adat Bualu serta tokoh masyarakat setempat.

banner 325x300

Dalam kesempatan ini sebagai wujud dukungan dan motivasi Bupati Giri Prasta serahkan bantuan dana pribadi sebesar Rp.42 juta.

Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi kepada sekaa truna Kartika Krama Duta Yowana karena kegiatan hut ini merupakan salah satu wujud dan bukti sekaa truna sudah melakukan pelestarian seni, tradisi, adat dan budaya. Bupati Giri Prasta juga menyampaikan rasa bangga pada acara hut kali ini karena sudah mengangkat tema “Bangkit dan maju ke generasi yang solid, sehat dan berjiwa sosial” yang sesuai dengan Tri Hita Karana.

Tri Hita Karana mengajarkan tentang keseimbangan antara manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan lingkungannya, contoh hubungan manusia dengan Tuhan dengan melaksanakan persembahyangan bersama, hubungan manusia dengan manusia dengan berpartisipasi dan membantu kalau ada teman yang menikah dan hubungan manusia dengan lingkungan dengan melaksanakan penanaman pohon.

Begitupun di Pemerintahan Kabupaten Badung pihaknya juga telah menerapkan konsep Tri Hita Karana sebagai contoh hubungan manusia dengan Tuhan adalah bantuan restorasi pura dan biaya aci upakara, hubungan manusia dengan manusia kesehatan gratis seperti donor darah dan pendidikan gratis, hubungan manusia dengan lingkungan melaksanakan gertak gerakan bersih-bersih serentak. “Jika konsep Tri Hita Karana ini sudah kita terapkan dalam menjalani organisasi maupun kegiatan sehari-hari, maka secara otomatis Tuhan akan sayang pada kita semua,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap agar sekaa teruna tidak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif seperti narkoba, pergaulan bebas, mabuk-mabukan dan mengganggu ketertiban umum.“Sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun kepada ST.Kartika Krama Duta Yowana ke-53 semoga semakin kompak dan jaya,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia I Wayan Agus Sumardana menyampaikan terimakasih kepada Bupati Badung beserta undangan lainnya karena sudah berkenan hadir pada acara hut hari ini. Dilaporkan sebelum puncak hut yang dilaksanakan hari ini, juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan seperti persembahyangan bersama dengan seluruh pemuda, selanjutnya fogging ke rumah penduduk yang berada di kawasan banjar Celuk, donor darah, jalan santai dan lainnya.

Bagikan Artikel