Breaking News

Ngorok/mendengkur saat tidur selain sangat mengganggu pasangan anda tapi juga kesehatan kita.

OKEBALI.COM Denpasar 3 Februari 2023.Mendengkur/ngorok saat tidur bisa jadi merupakan tanda tubuh kelelahan setelah sehari penuh berkegiatan. Namun, bisa juga menunjukkan kondisi kesehatan seseorang. Yang perlu diingat, mendengkur menjadi bahaya jika disertai sumbatan jalan nafas. Sebab, gangguan tidur tersebut dapat menyebabkan obstructive sleep apnea (OSA).dan beberapa tips mencegah/mengurangi Ngorok/mendengkur

Mendengkur sangat menggangu baik bagi orang lain maupun kesehatan anda

Kalau kamu atau pasanganmu sering ngorok saat tidur, sebaiknya lakukan tips berikut untuk menghilangkan kebiasaan yang menjengkelkan tersebut:
Ubah Posisi Tidur
Tips pertama, kamu mungkin perlu mengubah posisi tidur dengan mengangkat kepala setidaknya sampai 10 sentimeter. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pernapasan dan mendorong lidah dan rahang bergerak maju. Kini, sudah banyak tersedia pula bantal yang dirancang khusus untuk mencegah dengkuran dengan memastikan otot leher tidak berkerut.
Tidur miring
Alih-alih tidur telentang, cobalah tidur miring untuk mencegah dengkuran. Kamu bisa mengganjal punggung belakang dengan bantal supaya tubuh tidak kembali ke posisi telentang saat kamu tertidur lelap.
Gunakan Alat Anti-dengkuran
Kamu mungkin masih awam dengan alat yang satu ini. Nyatanya, memang ada lho alat anti-dengkuran. Perangkat ini menyerupai pelindung mulut atlet yang berfungsi membantu membuka jalan napas dengan mengarahkan rahang bawah atau lidah ke depan saat tidur. 
Bersihkan Saluran Hidung
Jika kamu mengalami hidung tersumbat, bilas sinus dengan larutan garam sebelum tidur. Kamu juga bisa menggunakan dekongestan hidung atau strip hidung untuk membantu kamu bernapas lebih mudah.
Jaga Kelembapan Udara
Udara kering dapat mengiritasi selaput di hidung dan tenggorokan. Jadi, jika jaringan hidung yang bengkak adalah masalahnya, pelembap udara dapat membantu mengatasi hal ini.

banner 325x300

Turunkan Berat Badan
Faktanya, orang yang mengidap obesitas sering kali mengorok saat tidur. Menurunkan berat badan sedikit saja dapat mengurangi jaringan lemak di bagian belakang tenggorokan dan mengurangi, atau bahkan menghentikan kebiasaan ngorok
Berhenti Merokok
Orang yang merokok juga cenderung mendengkur saat tidur. Ini karena, merokok mengiritasi selaput di hidung dan tenggorokan yang dapat menyumbat saluran udara dan menyebabkan dengkuran. 
Jangan Konsumsi Alkohol, Pil Tidur, atau Obat Penenang
Hindari alkohol, pil tidur, dan obat penenang karena dapat mengendurkan otot di tenggorokan dan mengganggu pernapasan. 
Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi
Berhati-hatilah dengan apa yang kamu makan sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa makan dalam porsi besar atau mengonsumsi makanan tertentu seperti produk susu sebelum tidur dapat membuat dengkuran semakin parah.
Olahraga Teratur
Olahraga secara umum dapat mengurangi dengkuran. Alasannya, olahraga mampu mengencangkan berbagai otot di tubuh, seperti lengan, kaki, dan perut, termasuk otot di tenggorokan. Itu alasannya olahraga dapat mengurangi dengkuran. Ada juga latihan khusus yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat otot di tenggorokan.

Itulah beberapa tips atasi mendengkur saat tidur yan tentunya akan sangat mengganggu orang2 tercinta yang ada disisi anda. Salam sehat.

OBC/UN

Ref ;Healthline. Diakses pada 2020. 15 Remedies That Will Stop Snoring

Bagikan Artikel